Music Playlist

Minggu, 19 April 2015

Manfaat Teknologi Informasi bagi BK di Sekolah

Assalamualaikum Wr Wb..
Bertemu lagi dengan saya teman-teman yang setia mengunjungi blog saya ^^
Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang Manfaat Teknologi Informasi bagi BK di Sekolah. 

          BK adalah salah satu profesi yang memberikan layanan sosial kepada masyarakat, sehingga BK dituntut untuk mengikuti arus perkembangan zaman atau globalisasi. Nah, maka dari itu teman-teman semua, BK dituntut untuk mengetahui teknologi informasi sesuai dengan perkembangan masyarakat. Teknologi Informasi diyakini dapat membantu konselor untuk melakukan proses bimbingan maupun konseling disekolah. Manfaatnya antara lain:

(1) Menjadikan teknologi informasi sebagai alat dalam suatu program kegiatan, sehingga kegiatan tersebut lebih teratur dan terstruktur.
(2) Membantu individu maupun kelompok untuk dapat berkomunikasi dengan lebih mudah dan relatif murah dalam pelaksanaan konseling.
(3) Memberikan kesempatan kepada individu untuk berkomunikasi lebih baik dengan menggunakan informasi yang mereka terima tanpa perlu bertemu secara fisik.
(4) Menjaga kerahasiaan suatu data, karena dengan teknologi memungkinkan untuk menguncinya dan tidak sembarang orang dapat mengaksesnya.
(5) Mempermudah konselor dalam menyusun, mencari dan juga mengolah data.
(6) Mempermudah konselor dalam proses konseling menggunakan alat canggih.
(7)  Membantu konselor dalam memberikan layanan di internet.

          Pemanfaat ini juga berguna saat konselor membantu peserta didik yang akan melanjutkan studinya atau karirnya. Dalam pemanfaatan ini ada dampak positif dan dampak negatif, yaitu membantu konselor dalam segala proses bimbingan dan konseling di sekolah, dampak negatifnya yaitu dapat disalah gunakan oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab. :(
          Oleh karena itu, konselor diwajibkan untuk mempelajari dan memanfaatkan teknologi dan informasi agar bimbingan dan konseling di sekolah menjadi lebih efisien dan efektif. :)

Fenomena mengenai pemanfaatan teknologi informasi BK di sekolah seperti kutipan dibawah ini... :)

1. Implementasi Manajemen Teknologi Informasi di Sekolah berbasis SmartSchool

Dewasa ini perkembangan teknologi informasi semakin pesat. Berbagai cara dengan mudah untuk memperoleh sesuatu yang dibutuhkan sangat cepat hanya dengan hitungan detik. Di Indonesia mulai banyak yang menggunakan perkembangan ini disekolah untuk mempermudah jalannya proses belajar mengajar, terutama sangat berguna untuk konselor. Dalam perkembangan ini diharapkan guru, konselor, siswa, dan masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik dan meningkatkan daya fikir yang baik.
Sudah  banyak memanfaatkan  teknologi informasi  tersebut.  Dengan Teknologi  informasi  akan  memberikan  nilai  tambah  dalam  proses pembelajaran dan pengelolaan sekolah lainnya. Dalam pemanfaatan  teknologi  informasi diharapkan tingkat daya pikir serta kreativitas guru dan siswa serta masyarakat dapat berkembang dengan pesat.

2. Sharing Teknologi Informasi MGMP BK SMP Jakarta Utara


 MGMP BK SMP Jakarta Utara mengundang saya untuk sharring tentang optimalisasi kerja gunakan Teknologi Informasi di SMP Negeri 116 Sunter, Jakarta Utara Kamis 12 April 2012.
Banyak hal yang bisa dilakukan agar Guru BK lebih optimal berinteraksi dengan peserta didik gunakan media teknologi informasi. Salah satunya dengan mendokumentasikan berbagai kegiatan Bimbingan dan mempublikasikan lewat internet, dengan melibatkan atau menugaskan peserta didik secara berkelompok. Agar terbentuk anak negeri yang memiliki karakter pemimpin. Sehingga Jakarta tak harus import calongubernur dari luar daerah.

Sekian penjelasan manfaat teknologi informasi bagi BK di sekolah menurut saya, bila ada salah kata atau pernyataan yang kurang berkenan, mohon maaf sebesar-besarnya karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT :) Wassalamu'alaikum Wr Wb :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar